Skip to Content

Blog

Pengertian Dan Kelebihan Paving

Pengertian Paving

Paving block adalah suatu komposisi bahan bangunan yang terbuat dari campuran semen portland atau bahan perekat hidraulis lainnya, air dan agregat dengan atau tanpa bahan tambahan lainnya yang tidak mengurangi mutu beton tersebut
(SNI 03-0691-1996).

Paving block sangat dikenal di masyarakat luas, baik di pedesaan maupun perkotaan. Seperti yang kita ketahui, paving blok adalah jenis bahan konstruksi yang digunakan untuk keperluan perngerasan jalan alternatif selain jalan beton cor atau aspal.

Kelebihan Paving Block

Berikut ini beberapa kelebihan dari paving block yang penting untuk diketahui agar dapat memilih material paving yang tepat, apakah itu beton balok, aspal atau cor beton.

1.       Dapat menyerap air lebih baik

Paving block dapat menyerap air hujan dari bagian sisi-sisinya, yang dapat membantu menyerap genangan air di permukaan jalan. Hal ini tentunya berguna dalam menjaga ketersediaan air bawah tanah, sehingga paving block merupakan solusi yang tepat untuk pengerasan jalan yang ramah lingkungan.

2.       Memiliki aplikasi yang beragam

Keunggulan lain dari mesin paving adalah dapat diaplikasikan di berbagai kondisi jalan, seperti pekarangan, trotoar, tempat parkir sepeda motor/ mobil, jalan perumahan hingga lingkungan industri dengan lalu lintas yang banyak dilalui kendaraan berat seperti truk/kontainer.

3.       Mudah dipasang dan dirawat

Proses pemasangan paving block relatif lebih mudah dibandingkan dengan aspal dan cor beton karena sudah berbentuk balok yang dapat dibuat sesuai desain pola tertentu yang diinginkan dan juga cepat dalam pemasangannya. Aspal dan cor beton membutuhkan banyak peralatan tambahan dan keterampilan khusus. Sedangkan paving block tidak memerlukan perawatan khusus, jika rusak hanya bagian yang rusak saja yang dapat dilepas, diganti dan diperbaiki.

4.       Memiliki nilai estetika

Paving block memiliki berbagai bentuk dan warna sehingga dapat disusun dalam pola yang menarik sehingga memiliki daya tarik yang menarik dan nilai estetika menjadi nilai tambah jika penerapannya di lingkungan perumahan.

READ MORE

Apa yang terjadi jika rumah tidak ada ventilasi?

Dari segi kesehatan, penggunaan ventilasi ini terbukti memberi manfaat bagi penghuni rumah. Salah satu bagian penting yang tidak boleh ketinggalan saat membangun rumah adalah perencanaan ventilasi udara. Tujuannya agar sirkulasi udara berjalan lancar.

Sudah jelas bahwa ventilasi udara memberikan manfaat yang penting untuk kesehatan penghuni rumah, bahkan telah diatur oleh kemenkes sebagai kriteria rumah sehat. Aturan ini didasarkan pada Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor: 829/Menkes/SK/VII/1999. Poin yang mengatur ventilasi tersebut dijelaskan bahwa, untuk luas penghawaan atau ventilasi alamiah yang permanen minimal 10% dari luas lantai. Pergantian udara yang baik di dalam rumah dapat meminimalisir penyebaran penyakit pada penghuni rumah.

Beberapa Manfaat Ventilasi Udara di Rumah:

1. Menjadi tempat keluarnya polusi

Salah satu manfaat ventilasi di rumah adalah menghilangkan polusi di dalam rumah. Tidak diragukan lagi, polusi juga dapat terjadi di dalam ruangan. Ventilasi diperlukan untuk menjaga kebersihan udara, seperti halnya olahraga teratur dapat menjaga sistem pernapasan dalam kondisi yang baik agar tidak menghirup polusi udara yang kotor. Ventilasi yang memadai juga membantu menjaga organ pernapasan menjadi baik. Polusi udara dalam ruangan dapat disebabkan dari asap rokok hingga gas nitrogen dioksida yang dipancarkan oleh kompor. Menghirup udara kotor ini setiap hari dapat menyebabkan masalah pernapasan yang serius.

2. Menjaga kelembaban rumah

Perlu Sobat ketahui bahwa ruangan yang lembab dapat mendorong berkembangnya jamur dan bakteri berbahaya.Tujuan ventilasi rumah adalah untuk mencegah kelembaban di rumah Sobat menjadi berjamur. Rumah yang lembab tidak hanya dapat mempengaruhi kesehatan penghuninya, tetapi juga rumah Sobat.

Jika kondisi di dalam rumah lembab, berbagai perabot di dalam rumah akan cepat lapuk. Sobat juga dapat mengundang serangga, seperti rayap ke dalam rumah. Rayap menyukai lingkungan yang lembab. Ventilasi yang baik di rumah juga menghilangkan bau apek yang timbul saat rumah Sobat terlalu lembab.

3. Mencegah penyebaran penyakit

Fungsi utama ventilasi rumah adalah mengganti udara dalam ruangan yang kotor dengan udara bersih. Seperti yang dilansir Alodokter, WHO mencatat bahwa kualitas udara dalam ruangan yang buruk diduga menjadi salah satu alasan utama di balik meningkatnya penyebaran penyakit menular. Ini juga merupakan penyebab kematian di negara berkembang.

Misalnya, jika salah satu anggota keluarga terkena flu, cepat atau lambat anggota keluarga yang lain akan terkena flu. Kondisi ini bisa disebabkan oleh kualitas udara di dalam, dimana virus dan bakteri bercampur dan tidak bisa keluar. Sehingga dengan mudah terhirup oleh anggota keluarga lainnya, meningkatkan risiko flu.

Diharapkan dengan ventilasi yang baik. Sobat bisa mengganti udara yang bercampur virus dan bakteri dengan udara segar. Jadi akan meminimalisir jumlah penghuni rumah lain yang sakit akibat menghirup udara yang kotor.

4. Membantu matahari dapat masuk kerumah

Manfaat ventilasi selanjutnya adalah membantu sinar matahari masuk ke dalam rumah Sobat. Sinar matahari tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga baik untuk mengatur suhu udara agar Sobat tidak merasa kedinginan karena kelembaban yang tinggi. Buka jendela dan pintu dari pagi hingga sore hari untuk mencerahkan rumah Sobat. Kehadiran sinar matahari juga membantu menghemat energi. Sobat dapat mematikan lampu pada siang hari untuk memanfaatkan cahaya alami.

Pertukaran udara dalam dengan luar ruangan diperlukan untuk memastikan bahwa rumah Sobat menyediakan udara segar setiap hari. Oleh karena itu, menggunakan ventilasi dengan benar dapat membantu sirkulasi udara yang baik.

READ MORE

8 Keunggulan dan Kekurangan Genteng Beton

Genteng beton kini semakin populer dan menjadi genteng pilihan untuk menjadi penutup atap rumah. Jika Sobat berencana memasang genteng beton di rumah ketahui dulu yuk keunggulan dan kekurangannya berikut ini !

1. Daya tahan yang kuat
Jika dibandingkan dengan genteng jenis lainnya, genteng beton menjadi juara karena memiliki daya tahan paling kuat.
Tingkat efisiensinya terhadap lingkungan sangat kuat sesuai dengan sifat keramik. Bahkan jika sobat menaikinya genteng beton tidak mudah retak dan rusak, selain itu genteng beton mampu bertahan dalam menghadapi perubahan suhu yang ekstrem dan ketika terkena api. Oleh karenanya genteng beton bisa bertahan hingga 20 tahun.

2. Tidak Mudah Menyerap Panas
Jika genteng dengan material lainnya mudah menyerap panas, genteng beton tidak demikian. Saat terkena panas matahari genteng beton mampu memantulkan panas sehingga tidak masuk ke dalam rumah. Dengan begitu ruangan di dalam rumah akan terasa lebih sejuk.

3. Memiliki bentuk dan warna yang variatif
Awalnya, genteng beton hanya memiliki bentuk yang monoton dan warna gelap yang tidak menarik Namun seiring berjalannya waktu dan teknologi, tampilan genteng beton tersedia dalam berbagai varian warna, seperti cokelat, hijau, dan biru. Bahkan, genteng beton saat ini bisa dicat ulang jika ingin warna yang berbeda. Genteng beton juga memiliki variasi dalam bentuk dan ukuran, dari datar hingga bergelombang.

4. Dapat menahan serangan biologis
Bukan hanya kuat dalam menahan beban genteng beton dapat menahan serangan biologis seperti suhu dan polusi suara. Penelitian menunjukkan bahwa genteng beton memiliki kemampuan isolasi akustik dan termal yang sangat baik. Ini membuat rumah dengan genteng beton akan terbebas dari kebisingan dan suhu udara yang terlalu panas atau dingin Jika rumah Sobat dibangun di daerah yang bising, genteng beton adalah pilihan yang baik karena dapat mengurangi kebisingan dari luar rumah Anda.

5. Tidak mudah berubah bentuk
Dalam proses produksi genteng beton tidak menggunakan pembakaran, sehingga bentuk dan ukuran genteng beton tidak akan berubah presisi, dan tetap serupa satu sama lain.

6. Hemat Energi
Penggunaan genteng beton membuat hemat energi, karena massa termal genteng beton yang berat akan membantu mengatur suhu di dalam ruangan.

7. Berat Genteng Jauh Lebih Berat
Tentu saja, di balik semua kelebihannya, ada juga kekurangan atap beton.
Salah satunya mengenai bobot yang bisa mencapai 60 kg/m2.
Jadi Sobat harus memastikan struktur atap cukup kuat sebelum Sobat memasangnya.
Selain itu, sistem pemasangannya pun cukup rumit dan membutuhkan lebih banyak tenaga kerja.

8. Genteng beton memerlukan perawatan lebih ekstra
Meski daya tahannya tinggi, bukan berarti kamu tak perlu merawatnya.
Sebaliknya, genteng ini justru membutuhkan perawatan ekstra berupa pelapis khusus dan emulsi. Ini perlu diaplikasikan sekitar 1-2 kali setiap bulan, untuk menjaga kondisi genteng.

READ MORE

Fungsi – Fungsi Beton Buis

Beton Buis sangat penting dalam proses membangun sebuah perumahan! Tahukah sobat fungsi dari material ini? Kita cari sama-sama yuk!

Beton Buis merupakan sebuah pipa beton yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan di rumah atau perumahan. Material beton pracetak ini biasanya digunakan dalam konstruksi saluran air atau gorong-gorong.
Oleh karena itu, keberadaan gorong-gorong beton sangat penting untuk sistem drainase kompleks perumahan.
Jika sistem pembuangan limbah buruk, banjir dapat terjadi di pemukiman.
Gorong-gorong ini dibuat menggunakan tulangan besi wiremesh yang dibentuk menjadi lingkaran.

Lalu apa saja fungsi dari gorong-gorong beton tersebut?

1. Gorong-Gorong

Secara historis, Beton Buis awalnya digunakan sebagai gorong-gorong saluran air. Gorong-gorong sangat penting untuk sistem drainase.
Di beberapa tempat, tipe gorong-gorong yang digunakan adalah gorong-gorong berbentuk setengah lingkaran. Sementara, diameter gorong-gorong tergantung pada kebutuhan sebuah daerah.
Sebagai gorong-gorong, material ini sangat cocok untuk melapisi dinding tanah. Maka dari itu, gorong-gorong dari beton ini menjadi pilihan ideal untuk sistem drainase di hampir semua daerah.

2. Pembuatan Sumur

Seiring perkembangan inovasi, struktur tersebut kini juga banyak digunakan sebagai dinding sumur.
Sebagai dinding sumur, material beton berfungsi sebagai pelapis tanah yang kokoh dan juga melindungi air.
Selain itu, penggunaan material ini juga dapat mempermudah dan mengurangi biaya pengerjaan pembuatan sumur.

3. Sebagai Pengairan

Sistem pengairan merupakan salah satu bagian terpenting dalam konstruksi rumah.
Selain sebagai gorong-gorong, struktur ini juga biasa dimanfaatkan sebagai saluran air di rumah.
Material beton yang kuat dipercaya dapat melindungi air saat dialirkan.

READ MORE

Pembangunan Drainase Jalan Menggunakan U-Ditch

U-Ditch sering digunakan untuk saluran drainase. Saluran drainase adalah saluran yang membantu membuang dan mengalirkan air dari jalan. Ini mencegah air menggenang dan merusak struktur perkerasan.

READ MORE

8 Keunggulan Dan Kekurangan Batako Beton

Banyak keungggulan yang dimiliki batako beton salah satunya tahan lama dan anti bocor yang membuat kita tidak perlu menggunakan Waterproof. Cek sekarang yuk Sobat! Apa aja sih keunggulannya?

1. Tahan Air

Keunggulan yang pertama dari batako yakni materialnya tahan terhadap air.

Jadi, kita tidak perlu menggunakan cat anti bocor lagi karena batako sudah aman dari air.

Hal ini tentunya menghemat pengeluaran dalam membangun rumah.

2. Ukurannya Besar & Seragam

Batako memiliki ukuran yang lebih besar dibanding ukuran bata merah.

Meski demikian, ukuran setiap batako seragam sehingga mempermudah kita saat proses pemasangan.

Berbeda dengan bata merah yang terkadang memiliki ukuran tidak persis sama antara satu dengan yang lainnya.

Selain itu, ukuran batako yang seragam tersebut menjadikan dinding tampak lebih rapi.

Ukuran batako yang besar juga membutuhkan perekat yang lebih sedikit sehingga dapat menghemat waktu saat pembangunan.

3. Harga Lebih Murah

Kelebihan selanjutnya terlihat dari segi harga.

Harga batako terbilang lebih murah jika dibandingkan bata lainnya.

Batako umumnya dijual per kubik atau satuan tergantung dari mereknya.

4. Bobotnya Ringan

Batako juga memiliki keunggulan dari segi bobot. Jika dibandingkan dengan bata merah, bobot batako lebih ringan.

Bobotnya yang ringan tersebut dapat membantu proses pengerjaan bangunan jadi lebih mudah.

5. Membuat Dinding Mudah Retak

Bobot yang ringan rupanya menjadi salah satu kekurangan dari bahan bangunan ini.

Pasalnya hal tersebut membuat dinding rumah jadi mudah retak.

Berbeda dengan bata merah yang lebih kuat dan kokoh karena memiliki bobot yang cukup berat.

6. Bagian Tengahnya Mudah Pecah

Selain membuat dinding mudah retak, material ini juga mudah rusak.

Batako mudah untuk dilubangi dan pecah sehingga diperlukan ketelitian dan hati-hati saat memasangnya.

Hal itu karena adanya rongga di bagian tengah atau bagian dalam batako yang membuatnya jadi rentan pecah.

7. Menyerap Panas

Kekurangan selanjutnya dari batako adalah mudah menyerap panas.

Bahan dasar dari batako 50 persen terdiri dari semen.

Ketika batako press di jadikan sebagai dinding, material ini kurang baik dalam menyerap panas.

Rumah yang menggunakan batako sebagai material dinding akan menyerap panas.

Hal ini membuat ruangan di rumah jadi lebih panas saat kemarau.

Desain dinding batako memang unik, tetapi kamu perlu memperhatikan kekurangan ini jika hendak menerapkannya di rumah.

8. Tidak Meredam Suara dengan Baik

Selain dapat membuat rumah terasa panas, batako juga tidak dapat meredam suara.

Jika dibandingkan bata merah, batako tidak mampu meredam suara bising dengan baik.

Hal ini dikarenakan bobotnya yang ringan dan mudah ditembus oleh suara.

READ MORE

Cara Menghitung Paving Block

Paving Block atau bisa disebut dengan Con Block merupakan pilihan yang sering digunakan untuk merapikan halaman rumah atau carport anda. Selain kuat awet dan tahan lama, paving mudah dan cepat untuk dipasang. Turen Indah Beton biasa menghitungkan jumlah kebutuhan paving bagi pembeli, tapi lebih baik jika pembeli bisa menghitung sendiri. Berikut kami beri tips dalam menghitung kebutuhan paving yang akan kita beli.

paving block segi 6
paving block segi 6

Kebutuhan paving block per m2 tipe bata, hexagon, cacing, trihex, ubin kecil, ubin besar

Berikut daftar jumlah paving block per m2 berdasarkan macam-macam tipenya

kebutuhan paving block per m2
kebutuhan paving block per m2
  • Bata persegi panjang 21cm x 10,5 cm = 44 bh/m2
  • Hexagon Segi enam = 25 bh/m2.
  • Cacing 22.5cm x 11,2cm = 39bh/m2.
  • Trihex 19,7cm x 9,6cm =  39bh/m2.
  • Ubin kecil 10,5cm x 10,5cm = 88bh/m2.
  • Ubin besar 21cm x 21cm = 22bh/m2.
  • Topi uskup =3,3/m1.

Cara menghitung kebutuhan paving block

Rumus kebutuhan paving block = luas area pemasangan x kebutuhan paving block per m2.

Misalnya kita akan mengerjakan pekerjaan pasangan paving block dihalaman rumah ukuran 5m x 6m, berapa kebutuhan pavingnya untuk masing-masing tipe conblok, ayo kita hitung bareng-bareng 

  • Luas halaman = 5m x 6m2 = 30m2.

Perhitungan jumlah paving untuk luas halaman 30m2 menurut berbagai tipe

  • Bata persegi panjang = 30m2 x 44 bh/m2 = 1320 bh.
  • Hexagon Segi enam = 30m2 x 25 bh/m2 = 750 bh.
  • Cacing = 30m2 x 39bh/m2 = 1170 bh.
  • Trihex = 30m2 x 39bh/m2 = 1170 bh.
  • Ubin kecil = 30m2 x 88bh/m2 = 2640 bh.
  • Ubin besar = 30m2 x 22bh/m2 = 660 bh.

begitulah cara menghitung kebutuhan conblock, untuk pekerjaan paving rata-rata jarang terjadi pecah, jadi kalau mau menambahkan angka keamanan sebagai jaga-jaga sebaiknya cukup sedikit saja, atau lebih baik kalau kurang beli lagi.

Turen Indah Beton juga melayani penjualan dan pemasangan paving di Malang dan sekitarnya, anda bisa hubungi kontak person di bawah ini.

READ MORE

FASAD BANGUNAN DAN DINDING LEBIH PRAKTIS DENGAN BETON

Seiring berkembangnya tren dalam dunia interior dan arsitektur, pemilihan material natural dan mentah tidak luput untuk diaplikasikan. Salah satu contohnya adalah material beton. Material beton yang tidak dilakukan tahap finishing, sehingga masih memiliki tekstur asli, menjadi salah satu favorit bagi banyak orang untuk mengaplikasikannya pada fasad bangunan ataupun sebagai dinding dalam ruangan. Pemilihan material beton yang mentah tanpa adanya finishing sering dikenal sebagai gaya Brutalism yang merupakan gaya arsitektur pada tahun 1950-an, yang memanfaatkan material natural dengan tetap mempertahankan tekstur material tersebut. Material beton dengan raw finishing sangat bersahabat bagi pengguna bangunan tersebut karena tidak ada chemical finishing sehingga membuat pengguna bebas dari polusi dan gangguan kimia yang ada. Selain itu, material beton memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

a. Praktis

Penggunaan beton dengan raw finishing sebagai dinding baik untuk fasad bangunan dan dinding ruangan sangat praktis diaplikasikan karena tidak perlu menambahkan finishing lainnya. Hal ini tentunya juga dapat memotong biaya finishing fasad atau dinding ruangan.

b. Perawatan mudah

Material beton ini tidak memerlukan perawatan khusus. Dengan ketahanannya terhadap segala cuaca, beton menjadi salah satu alternatif bagi penggunanya yang tidak mau susah dalam merawat bangunan tersebut.

c. Estetika

 

 

 

 

 

Material beton sangat cocok untuk menambah estetika bangunan dengan konsep natural atau memiliki brutalism style. Dengan penggunaan beton pada bagian fasad ataupun dinding ruangan menambah suasana natural dan warnanya yang netral dapat mengekspos material alam lain yang digunakan seperti kayu, batu, ataupun tanaman.

d. Menahan panas

Material beton bersifat dingin atau sering dikenal adem. Material ini mampu meredam suhu panas dari luar sehingga dapat menurunkan suhu dalam ruangan. Penggunaan material ini pada fasad bangunan, membuat udara dalam ruangan menjadi sejuk dan dapat menghantar panas dari udara luar.

Penggunaan material beton sebagai fasad bangunan atau dinding interior ini sangat cocok untuk mereka yang bingung dengan style apa yang akan diambil untuk bangunan mereka. Selain material beton bersifat netral, material ini juga menjadi pilihan go green karena tidak menimbulkan polusi dan dapat meredam suhu panas dengan baik. Terlebih, material
beton ini dapat menambah estetika bangunan dengan gayanya yang simpel, kokoh, dan tentunya tidak lekang oleh zaman.

Source: https://himalayaabadi.com/id/mengenal-berbagai-material-untuk-fasad-bangunan/

READ MORE